SKENARIO LAYANAN
INFORMASI
Skenario : Layanan
Informasi
Topik : Mengenal Potensi Diri
Kelas : Untuk kelas IX SMP
Metode : Discovery Learning, Small Group Discussion
dan Case Study
Waktu : 2 X 40 Menit
Kegiatan
awal 5 menit
Guru
BK : Assalamu’alaikum, W.W
Siswa : Walaikumsalam, W. W
Guru
BK : Bagaimana kabarnya sekarang
ananda?
Siswa : baik buk
Guru
BK : alhamdulillah, sudah berdo’a?
Siwa : Belum buk
Guru
BK : Kalau begitu mari kita
berdo’a dulu, berdo’a mulai, ketua kelas pimpin do’a.
Siswa : (siswa mulai berdo’a)
Apersepsi
Guru BK :
sekarang ibuk mau bertanya kepada ananda semua, apakah ananda semua sudah
pernah menonton film laskar pelangi?
Siswa : pernah bu
Guru
BK : kalau begitu siapa yang bisa
menceritakannya kepada ibu
Siswa
: saya buk
Guru
BK : Ayo...... silahkan ceritakan
Siswa
:
berkisah tentang beberapa orang siswa, yang hidup di Belitung, yang mewujudkan
mimpi-mimpinya untuk bisa bersekolah dan melanjutkan sekolah pada nantinya.
Disana diceritakan bahwa walaupun kehidupan mereka susah, namun mereka tetap
semangat bersekolah bahkan disaat sekolah mereka mau ditutup merekapun
mempertahankan semangat belajarnya.
Guru BK : bagus ananda ibuk, berarti ananda ibu
tidak hanya sekedar menonton, tetapi juga dapat mengambil hikmah dari petikan
cerita yang ditampilkan pada film laskar pelangi. Ya ananda semua kita bisa
lihat bahwa si ikal mempuyai potensi yakni di dalam sastra, potensi itulah yang
ia kembangkan hingga ia bisa pergi ke Paris untuk mewujudkan cita-citanya.
Kegiatan
inti 30 menit :
1.
Eksplorasi
( Discovery Learning dan Small group disscusion)
Guru BK :
Sekarang tema kita berkaitan dengan itu ananda semua, yakni tentang mengenal
potensi diri sendiri. Meteri ini bertujan agar ananda semua dapat mengenal
potensi yang ananda semua untuk bisa mengembangkannya pada nantinya untuk mewujudkan cita-cita ananda. Terlebih
dahulu ibu akan memberi tahu ananda apa
itu potensi. Potensi adalah kemampuan/ kekuatan yang ada pada diri sendiri. Nah
kalau begitu ibu akan memberikan ananda semua tugas agar ananda mengerti
sebenarnya potensi itu seperti apa.
Ananda,
minggu kemaren ibu sudah memberi tugas, agar ananda mencari bahan tentang potensi
diri dari mana saja, baik dari internet, buku, majalah, dan lain-lain. Sudah
dicari kan ananda
Siswa :
ada buk
Guru BK :
bagus ya ananda, ananda bisa menjadikan bahan tersebut untuk memahami
tugas-tugas yang ibu berikan nanti.
Sekarang
ibu minta kalian duduk berkelompok, satu kelompok 5 orang, karena satu kelas
ada 30 orang berarti ada 6 kelompok.
Pembagian kelompok di bagi dengan cara hitung.
Guru BK :
ayo ananda semua mulai berhitung .
(setelah
kelompok terbagi, siswa duduk berkelompok)
Guru BK : Baiklah ananda semua, karena
ananda semua sudah duduk berkelompok, sekarang ibu tugaskan ananda semua untuk
mendiskusikan tugas yang akan ibu berikan, yakni :
TUGAS 1
Buatlah
secara berkelompok intisari tentang pemahaman Ananda tentang apa itu potensi
dan bagian – bagiannya ! hasil diskusi ananda akan di persentasikan di depan
kelas secara berkelompok.
1. Potensi
yang saya miliki adalah
a. ...........
b. ...........
c. ...........
d. ...........
e. ............
2.
Diskusikan potensi yang ananda miliki dengan teman ananda? ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3. Simpulkan
sendiri, potensi ananda yang sebenarnya, di dalam buku catatan ?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4.
Bagaimana cara meningkatkan potensi yang
ananda miliki ?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Tugas
2
Carilah
orang sukses di sekeliling ananda,
kemudian di wawancarai, potensi
apa yang mereka miliki sehingga mereka bisa menjadi sukses. Ringkaslah dan
tulis dalam bentuk laporan hasil wawancara ananda tersebut.
(pedoman wawancara di lampiran)
Tugas 2 ini juga di kerjakan
secara berkelompok. Setelah itu ananda juga diminta mendiskusikan bagaimana
cara meningkatkan potensi yang telah ananda diskusikan. Kemudian minggu depan
akan kita persentasikan minggu depan. Mengerti
ananda semuanya?
Siswa :
mengerti buk..
Guru
BK : sekarang silahkan kerjakan tugas yang pertama
(siswa belajar dengan berdiskusi bersama
kelompoknya dengan aktif dan antusias)
Setelah
selasai berdiskusi, ibu minta
masing-masing kelompok mempresentasikan kan kedepan kelas, dimulai dari
kelompok 1.
Elaborasi
(semua
siswa mengikuti persentasi dengan baik, dan guru BK memantau persentasi siswa,
dengan tanya jawab).
Contoh
persentasi kelompok 1:
Siswa
1 : asslamu’alaikum w.w
Siswa : walaikumsalam
Siswa
1 : baiklah teman-teman saya akan mencoba mempersentasikan hasil diskusi
kelompok 1 mengenai potensi diri.
1. Potensi
yang dimiliki adalah......................
2. Menurut
teman-teman, potensi yang dimiliki...........................
3. Dan
menurut saya, tentang potensi saya...........
4. Cara
saya meningkatkannya adalah..................
Demikianlah
teman-teman hasil diskusi saya dan teman-teman kelompok 1, jika ada saran dan
pertanyaan saya persilahkan
Siswa
: (memberikan saran)
Siswa
: (Memberikan pertanyaan)
Setelah
semua kelompok mempersentasikan
Guru BK: baiklah ananda semua, kita
telah membahas mengenai potensi diri dan cara meningkatkannya, sekarang ibu
minta 1 orang untuk menyimpulkan apa yang telah kita bahas nantiya. Ayo siapa
yang bisa?
Siswa : saya buk
Guru
BK: ayo silahkan
Siswa
: setiap orang mempunyai potensi yang berbeda-beda, baik itu di bidang
seni, pelajaran, olahraga, organisasi, sosial dan lain-lain. Dan berbagai macam
cara juga untuk bisa mengembangkannya, mulai dari mengikuti kursus, les, dan
mengikuti ekstrakurikuler di sekolah. Itu aja buk.
Konfirmasi
Guru BK : Bagus sekali ananda, iya
begitu banyak potensi yang dimiliki manusia dan banyak cara mengembangkannya
seperti yang ananda ibu katakan tadi.
Guru
BK : ada pertanyaan?
Siswa :
tidak buk.
Kegiatan akhir 5 menit
Guru BK : baiklah ananda semua, ibu
sangat senang hari ini, karena ananda semua aktif dalam berdiskusi. Ibu
berharap ananda semua bisa melaksanakan tugas yang ibu berikan dengan baik.
Siswa : iya buk
Guru
BK : berikan tepuk tangan untuk
penampilan ananda semua hari ini (prokk..prokk...)
Guru BK : baiklah ananda semua karena
jam kita sudah habis maka, terimaksih untuk hari ini. Assalamu’alaiku WW.
Siswa : Walaikumsalam W. W.W
FORMAT
WAWANCARA
A.
BIODATA NARA SUMBER
Nama Lengkap :
Nama Panggilan :
Tempat Tanggal Lahir :
Tempat Tinggal :
Riwayat Pendidikan :
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
B.
WAKTU DAN TEMPAT
PELAKSANAAN
Tempat :
Tanggal :
Pukul :
C.
DAFTAR PERTANYAAN
1. Maaf,
boleh tau nama lengkap Ibu/bapak?
2. Ibu/Bapak
lahir dimana dan tanggal berapa?
3. Dulu
cita-cita Ibu/bapak ingin jadi apa?
4. Kemauan
Ibu/bapak menjalani profesi/pekerjaan ini, kemauan sendiri atau orangtua?
5. Boleh
kami tahu riwayat pendidikan Ibu?
6. Mengapa
Ibu/ bapak memilih pendidikan/jurusan itu?
7. Apa
potensi yang bapak/ibu miliki ketika memilih jurusan/ pekerjaan itu?
8. Apa
ciri-ciri yang menandakan bapak/ibu memiliki potensi itu?
9. Bagaimana
cara ibu mengembangkan potensi yang ibu/bapak punya?
10. Apakah
ibu/bapak mengalami kesulitan untuk menemukan potensi yang ada di dalam diri,
kalau iya, bagaimana cara bapak/ibu menemukannya?
11. Apakah
pekerjaan/profesi ibu sekarang berkaitan atau sesuai dengan potensi yang ibu
miliki?
12. Apakah
ibu/ bapak mempunyai pengalaman yang menarik tentang potensi yang bapak/ibu
miliki sekarang?
13. Apa
prestasi ibu di bidang yang telah ibu/bapak yang telah tekuni sekarang
14. Apa
kiat dan motivasi sukses ibu/bapak sehingga bisa sukses seperti sekarang?
15. Apa
suka dan duka menjalani profesi/pekerjaan yang sedang ibu/bapak jalani?
TUGAS
KONSELING
FORMAT KLASIKAL
(Skenario)
Dosen
Mata Kuliah :
1. Dr. Riska Ahmad, M. Pd, Kons
2. Drs. Yusri Rafsyam, M. Pd, Kons
Oleh
:
Puji
Gusri Handayani, S. Pd
PROGRAM
PENDIDIKAN PROFESI KONSELOR (PPK-SM3T)
JURUSAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
NEGERI PADANG
2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar