Kamis, 14 November 2013

Skenario Format Klasikal Bimbingan dan konseling

SKENARIO LAYANAN INFORMASI


Skenario : Layanan Informasi
Topik      : Mengenal Potensi Diri
Kelas      : Untuk kelas IX SMP
Metode   : Discovery Learning, Small Group Discussion dan Case Study
Waktu    : 2 X 40 Menit

Kegiatan awal 5 menit
Guru BK         : Assalamu’alaikum, W.W
Siswa               : Walaikumsalam, W. W
Guru BK         : Bagaimana kabarnya sekarang ananda?
Siswa               : baik buk
Guru BK         : alhamdulillah, sudah berdo’a?
Siwa                : Belum buk
Guru BK         : Kalau begitu mari kita berdo’a dulu, berdo’a mulai, ketua kelas pimpin do’a.
Siswa               : (siswa mulai berdo’a)
Apersepsi
Guru BK         : sekarang ibuk mau bertanya kepada ananda semua, apakah ananda semua sudah pernah menonton film laskar pelangi?
Siswa               : pernah bu
Guru BK         : kalau begitu siapa yang bisa menceritakannya kepada ibu
Siswa               : saya buk
Guru BK         : Ayo...... silahkan ceritakan
Siswa              : berkisah tentang beberapa orang siswa, yang hidup di Belitung, yang mewujudkan mimpi-mimpinya untuk bisa bersekolah dan melanjutkan sekolah pada nantinya. Disana diceritakan bahwa walaupun kehidupan mereka susah, namun mereka tetap semangat bersekolah bahkan disaat sekolah mereka mau ditutup merekapun mempertahankan semangat belajarnya.
Guru BK      : bagus ananda ibuk, berarti ananda ibu tidak hanya sekedar menonton, tetapi juga dapat mengambil hikmah dari petikan cerita yang ditampilkan pada film laskar pelangi. Ya ananda semua kita bisa lihat bahwa si ikal mempuyai potensi yakni di dalam sastra, potensi itulah yang ia kembangkan hingga ia bisa pergi ke Paris untuk mewujudkan cita-citanya. 
Kegiatan inti 30 menit :
1.      Eksplorasi ( Discovery Learning dan Small group disscusion)
Guru BK           : Sekarang tema kita berkaitan dengan itu ananda semua, yakni tentang mengenal potensi diri sendiri. Meteri ini bertujan agar ananda semua dapat mengenal potensi yang ananda semua untuk bisa mengembangkannya pada nantinya untuk  mewujudkan cita-cita ananda. Terlebih dahulu  ibu akan memberi tahu ananda apa itu potensi. Potensi adalah kemampuan/ kekuatan yang ada pada diri sendiri. Nah kalau begitu ibu akan memberikan ananda semua tugas agar ananda mengerti sebenarnya potensi itu seperti apa.
                          Ananda, minggu kemaren ibu sudah memberi tugas, agar ananda mencari bahan tentang potensi diri dari mana saja, baik dari internet, buku, majalah, dan lain-lain. Sudah dicari kan ananda
Siswa                 : ada buk
Guru BK           : bagus ya ananda, ananda bisa menjadikan bahan tersebut untuk memahami tugas-tugas yang ibu berikan nanti.
  Sekarang ibu minta kalian duduk berkelompok, satu kelompok 5 orang, karena satu kelas ada 30 orang berarti ada 6 kelompok.  Pembagian kelompok di bagi dengan cara hitung.
 Guru BK        : ayo ananda semua mulai berhitung .
(setelah kelompok terbagi, siswa duduk berkelompok)
Guru BK : Baiklah ananda semua, karena ananda semua sudah duduk berkelompok, sekarang ibu tugaskan ananda semua untuk mendiskusikan tugas yang akan ibu berikan, yakni :
            TUGAS 1
Buatlah secara berkelompok intisari tentang pemahaman Ananda tentang apa itu potensi dan bagian – bagiannya ! hasil diskusi ananda akan di persentasikan di depan kelas secara berkelompok.
1.     Potensi yang saya miliki adalah
a.       ...........
b.      ...........
c.       ...........
d.      ...........
e.       ............

2.     Diskusikan potensi yang  ananda miliki dengan teman ananda?   ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3.   Simpulkan sendiri, potensi ananda yang sebenarnya, di dalam buku catatan ?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4.     Bagaimana cara meningkatkan potensi yang ananda miliki ?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Tugas 2

                  Carilah orang sukses di sekeliling ananda,  kemudian  di wawancarai, potensi apa yang mereka miliki sehingga mereka bisa menjadi sukses. Ringkaslah dan tulis dalam bentuk laporan hasil wawancara ananda tersebut.
                 (pedoman wawancara di lampiran)
     Tugas 2 ini juga di kerjakan secara berkelompok. Setelah itu ananda juga diminta mendiskusikan bagaimana cara meningkatkan potensi yang telah ananda diskusikan. Kemudian minggu depan akan kita persentasikan minggu depan.  Mengerti ananda semuanya?
Siswa       : mengerti buk..
Guru BK : sekarang silahkan kerjakan tugas yang pertama
 (siswa belajar dengan berdiskusi bersama kelompoknya dengan aktif dan antusias)
Setelah selasai berdiskusi,  ibu minta masing-masing kelompok mempresentasikan kan kedepan kelas, dimulai dari kelompok 1.
Elaborasi                                    
(semua siswa mengikuti persentasi dengan baik, dan guru BK memantau persentasi siswa, dengan tanya jawab).
Contoh persentasi kelompok 1:
Siswa 1    : asslamu’alaikum w.w
Siswa       : walaikumsalam
Siswa 1 : baiklah teman-teman saya akan mencoba mempersentasikan hasil diskusi kelompok 1 mengenai potensi diri.
1.      Potensi yang dimiliki adalah......................
2.      Menurut teman-teman, potensi yang dimiliki...........................
3.      Dan menurut saya, tentang potensi saya...........
4.      Cara saya meningkatkannya adalah..................
Demikianlah teman-teman hasil diskusi saya dan teman-teman kelompok 1, jika ada saran dan pertanyaan saya persilahkan
Siswa : (memberikan saran)
Siswa : (Memberikan pertanyaan)
Setelah semua kelompok mempersentasikan
Guru BK: baiklah ananda semua, kita telah membahas mengenai potensi diri dan cara meningkatkannya, sekarang ibu minta 1 orang untuk menyimpulkan apa yang telah kita bahas nantiya. Ayo siapa yang bisa?
Siswa    : saya buk
Guru BK: ayo silahkan
Siswa  : setiap orang mempunyai potensi yang berbeda-beda, baik itu di bidang seni, pelajaran, olahraga, organisasi, sosial dan lain-lain. Dan berbagai macam cara juga untuk bisa mengembangkannya, mulai dari mengikuti kursus, les, dan mengikuti ekstrakurikuler di sekolah. Itu aja buk.
Konfirmasi
Guru BK : Bagus sekali ananda, iya begitu banyak potensi yang dimiliki manusia dan banyak cara mengembangkannya seperti yang ananda ibu katakan tadi.
Guru BK   : ada pertanyaan?
Siswa         : tidak buk.
Kegiatan akhir 5 menit
Guru BK : baiklah ananda semua, ibu sangat senang hari ini, karena ananda semua aktif dalam berdiskusi. Ibu berharap ananda semua bisa melaksanakan tugas yang ibu berikan dengan baik.
Siswa         : iya buk
Guru BK   : berikan tepuk tangan untuk penampilan ananda semua hari ini (prokk..prokk...)
Guru BK : baiklah ananda semua karena jam kita sudah habis maka, terimaksih untuk hari ini. Assalamu’alaiku WW.
Siswa        : Walaikumsalam W. W.W

 FORMAT WAWANCARA

A.      BIODATA NARA SUMBER

Nama Lengkap                                    :
Nama Panggilan                                  :
Tempat Tanggal Lahir                         :
Tempat Tinggal                                   :
Riwayat Pendidikan                           : 1.
                                                              2.
                                                              3.
                                                              4.
                                                              5.
                                                              6.
                                                              7.
                                                              8.
                                                              9.
                                                              10.


B.     WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN                                                       

Tempat            :
Tanggal           :
Pukul               :

C.       DAFTAR PERTANYAAN

1.      Maaf, boleh tau nama lengkap Ibu/bapak?
2.      Ibu/Bapak lahir dimana dan tanggal berapa?
3.      Dulu cita-cita Ibu/bapak ingin jadi apa?
4.      Kemauan Ibu/bapak menjalani profesi/pekerjaan ini, kemauan sendiri atau orangtua?
5.      Boleh kami tahu riwayat pendidikan Ibu?
6.      Mengapa Ibu/ bapak memilih pendidikan/jurusan itu?
7.      Apa potensi yang bapak/ibu miliki ketika memilih jurusan/ pekerjaan itu?
8.      Apa ciri-ciri yang menandakan bapak/ibu memiliki potensi itu?
9.      Bagaimana cara ibu mengembangkan potensi yang ibu/bapak punya?
10.  Apakah ibu/bapak mengalami kesulitan untuk menemukan potensi yang ada di dalam diri, kalau iya, bagaimana cara bapak/ibu menemukannya?
11.  Apakah pekerjaan/profesi ibu sekarang berkaitan atau sesuai dengan potensi yang ibu miliki?
12.  Apakah ibu/ bapak mempunyai pengalaman yang menarik tentang potensi yang bapak/ibu miliki sekarang?
13.  Apa prestasi ibu di bidang yang telah ibu/bapak yang telah tekuni sekarang
14.  Apa kiat dan motivasi sukses ibu/bapak sehingga bisa sukses seperti sekarang?
15.  Apa suka dan duka menjalani profesi/pekerjaan yang sedang ibu/bapak jalani?

TUGAS 
KONSELING FORMAT KLASIKAL
(Skenario)


Dosen Mata Kuliah :
1.    Dr. Riska Ahmad, M. Pd, Kons
2.    Drs. Yusri Rafsyam, M. Pd, Kons





Oleh :
Puji Gusri Handayani, S. Pd





PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI KONSELOR (PPK-SM3T)
JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2013


Tidak ada komentar:

Posting Komentar