Sabtu, 16 November 2013

Kisi-kisi UKG Bimbingan dan Konseling

KISI-KISI SOAL UJI KOMPETENSI PPG SM3T
 PRODI BIMBINGAN KONSELING
TAHUN 2013

No
Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator  Esensial
1.
Pemantapan dan Pengembangan Perangkat Asesmen untuk Pemahaman Individu
Kemampuan merancang instrumen asesmen siswa dan lingkungan
·        Mendeskripsikan kedudukan asesmen kebutuhan bagi program BK
·        Merumuskan instrumen asesmen untuk keperluan bimbingan dan konseling sesuai dengan kaidah-kaidah pengukuran
·        Mengembangkan item   instrumen asesmen untuk keperluan bimbingan dan konseling
·        Menguji validitas dan reliabilitas item   instrumen asesmen untuk keperluan bimbingan dan konseling
·        Memilih  teknik asesmen pengungkapan kemampuan dasar
·        Memilih instrumen asesmen kecenderungan pribadi konseli.
·        Menentukan  instrumen yang tepat untuk mengungkapkan kondisi aktual konseli berkaitan dengan lingkungan 

2.
Pemantapan dan Pengembangan Program dan Sistem Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling

·       Kemampuan pemanfaatan hasil asesmen dalam menyusun perencanaan program bimbingan dan konseling komprehensif
·       Mengkategorisasi hasil asesmen
·       Menghubungan hasil asesmen dengan bidang bimbingan pribadi-sosial, pendidikan dan karir
·       Merancang pelaksanaan program bimbingan dan konseling
·       Menerapkan pendekatan kolaboratif dalam pelayanan bimbingan dan konseling.
·       Mengembangkan bidang akademis
·       Mengembangkan bidang karier
·       Mengebangkan bidang kehidupan pribadi-sosial

·       Kemampuan merancang alat evaluasi pelayanan bimbingan dan konseling (konseling individual, konseling kelompok, bimbingan kelompok, bimbingan klasikal)
·       Mengevaluasi hasil pelayanan bimbingan dan konseling
·       Mengkategorisasi alat evaluasi pelayanan bimbingan dan konseling
·       Menyeleksi jenis pendekatan konseling yang relevan dengan karakteristik problem
·       Menunjukkan tahapan perubahan dalam konseling
·       Mendeskripsikan tahap-tahap konseling kelompok
·       Menganalisis proses bimbingan kelompok
·       Memodifikasi layanan bimbingan klasikal
3.
Pemantapan dan Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling
Kemampuan mengembangkan media grafis dan/atau elektronik
·       Pengembangan bahan/materi berdasar analisis kebutuhan
·       Mengidentifikasi media pelayanan bimbingan dan konseling
·       Mengkonstruksi media grafis sebagai pelayanan bimbingan dan konseling
·       Mengkonstruksi media elektronik sebagai pelayanan bimbingan dan konseling
4.
Penyusunan dan Seminar Proposal Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling
Kemampuan menyusun perencanaan Penelitian Tindakan atau studi kasus
·       Menganalisis  berbagai jenis dan metode penelitian dalam BK
·       Mendefinisikan masalah penelitian
·       Menetapkan pendekatan penelitian sesuai dengan problematika
·       Memberi contoh penelitian tindakan dalam BK
·       Memberi contoh studi kasus
·       Menganalisis hasil penelitian sebelumnya untuk merancang penelitian
·       Merancang perangkat instrumen dan prosedur penelitiannya
5.
Pemantapan dan Pengembangan Program  Konseling Individual dan Kelompok

·       Kemampuan menyusun ancangan konseling individual
·       Menjelaskan prinsip-prinsip praktek konseling individual
·       Mengimplementasi tahapan dalam konseling
·       Mengaplikasikan penguasaan keterampilan konseling
·       Mengimplementasikan keterampilan komunikasi yang berakar dari motif altruistik dan mind competence yang tepat
·       Menerapkan rancangan konseling individual ; humanistik, behavioristik, kognitif dan postmodern
·       Menganalisis permasalahan praktek konseling individual
·       Kemampuan menyusun ancangan konseling kelompok
·       Menjelaskan prinsip-prinsippraktek konseling kelompok
·       Mengimplementasi dinamika kelompok
·       Menguasai fase konseling kelompok
·       Menerapkan teknik konseling kelompok
·       Menentukan desain konseling kelompok sesuai karakteristik kelompok dan problematika
·       Merancang kegiatan bimbingan kelompok berdasarkan need assessment (bidang pribadi, sosial, belajar, karir)
·       Berlatih menerapkan konseling kelompok dalam membantu konseli mencapai perubahan perilaku bermakna dalam kehidupannya
6.
Pemantapan dan Pengembangan Program  Bimbingan Kelompok
Kemampuan menyusun perencanaan bimbingan kelompok
·        Menjelaskan prinsip-prinsip praktek bimbingan kelompok
·        Merancang kegiatan bimbingan kelompok berdasarkan need assessment (bidang pribadi, sosial, belajar, karir)
·        Menerapkan konseling kelompok dalam membantu konseli mencapai perubahan perilaku bermakna dalam kehidupannya
·        Melaporkan hasil kegiatan konseling kelompok
·        Membuat laporan bimbingan kelompok
7.
Pemantapan dan Pengembangan Program  Bimbingan Klasikal
Kemampuan menyusun perencanaan bimbingan klasikal
·        Merancang kegiatan bimbingan klasikal berdasarkan hasil need assessment  (bimbingan pribadi, social, belajar, karir)
·        Menentukan aspek perkembangan yang sesuai dengan jenjang peserta didik
·        Menentukan kompetensi dan indikator aspek perkembangan
·        Mengidentifikasi tema-tema bimbingan klasikal  (bidang pribadi, sosial, belajar, karir)
·        Mengembangkan materi berdasarkan tema-tema bimbingan klasikal (bidang pribadi, sosial, belajar, karir) dengan referensi yang baik dan sesuai
·        Menentukan teknik-teknik bimbingan klasikal yang relevan dengan aspek perkembangan
·        Menentukan media bimbingan klasikal yang relevan dengan aspek perkembangan
·        Menentukan evaluasi yang tepat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar