Jumat, 03 Mei 2013

Bahan BK (3) untuk SMP dan SMA


Petak Johari

Petak johari juga sering disebut dengan jendela johari, yang di ciptakan oleh Johari. Dinamakan jendela johari karena berbentuk jendela terdiri dari empat bagian sepeti belah ketupat. Jendela pertama berisi tentang apa yang sayang ketahui dan orang lainpun juga mengetahuinya, jendela kedua berisi apa yang saya ketahui tetapi orang lain tidak mengetahuinya, jendela ketiga berisi tentang yang orang ketahui tentang anda, dan jendela keempat tentang apa yang tidak anda ketahui dan orang lain juga tidak mengetahuinya.
Jendela johari berguna untuk sesorang agar mampu belajar terbuka dengan dirinya sendiri. Mampu berinteraksi dengan yang lain, mampu menilai diri sendiri dan orang lain.

1
Saya tahu orang lain pun tahu
2
Saya tahu orang lain tidak tahu
3
Saya tidak tahu orang lain tahu

4
Saya tidak tahu orang lainpun juga tidak tahu

Keterangan : Jendela 1, 2, dan 4 di isi sendiri, sedangkan jendela 3 diisi oleh teman   sebangku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar