Minggu, 22 April 2012

TRIK guru memotivasi siswa untuk meraih mimpi

TRIK guru memotivasi siswa untuk meraih mimpi

Semua orang pasti mempunyai mimpi
Baik itu dari hal yang sangat kecil sampai ke hal yang paling besar.Sejak balita kita telah dikenalkan dengan yang namanya cita-cita, banyak yang bertanya nanti ketika kamu besar kamu ingin jadi apa? Dan beragam jawaban yang diberikan, diantaranya ingin jadi dokter, polisi, guru, insinyur, pramugari, dan lain-lain.

Hmmm sekarang apakah mimpi itu berbeda dengan cita-cita?? Menurut apa yang telah saya baca dan saya berpendapat cita-cita itu adalah sebagian dari mimpi,,,, apakah menurut anda juga demikian.
Mimpi (cita-cita) itu bisa diraih, untuk meraih mimpi (cita-cita) tersebut diperlukanlah kegigihan, namun pada realitanya untuk mewujudkan suatu mimpi itu terdapat berbagai macam kendala, dan kendala yang paling utama adalah yang ada dalam pribadi manusia itu sendiri bisa diantaranya yaitu motivasi. Motivasi itupun terbagi 2 motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi intrinsik adalah motivasi yang timbul dari dalam diri sesorang, sedangkan motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang timbul dari luar diri sesesorang. Kedua motivasi ini saling mempengaruhi, walaupun motovasi ekstrinsik ada tetapi motivasi instrinsik tidak ada maka akan terasa percuma saja, dan motivasi ekstrinsik adalah sebagai faktor penunjang motivasi instrinsik.

Namun pada kenyataannya pada saat ini motivasi instrinsiklah yang sangat kurang, khususnya pada siswa-siswa SMP dan SMA ketika berada disekolah. Ketika ditanya cita-cita atau mimpi banyak diantara mereka yang hanya diam dan binggung, kebinggungan meraka itu dikarenakan mereka sudah mencap dirinya tidak akan bisa menjadi apa-apa sehingga motivasi mereka untuk meraih mimpi itu sudah memudar dan lama kelamaan hilang.

     Ini lah tugas guru disekolah harus mebangkitkan semangat siswa untuk bisa meraih mimpinya, berbagai macam cara telah dilakukan guru untuk membangkitkan motivasi siswa meraih cita-citanya, berikut ada trik dari saya untuk membantu siswa memotivasi dirinya sendiri yang bisa di praktekan guru di dalam kelas khususnya guru SMP dan guru SMA. 

      Ini saya beri judul “ Gantungan cita-cita” dengan selogan “ gantunglah cita-citamu setinggi bintang dilangit. Siswa disuruh membawa kertas karton dengan berbagai macam warna, gunting, spidol (pensil warna) dan benang (wol, jangung, dan lain-lain).setelah itu ketika di depan kelas, perkenalkanlah berbagai macam cita-cita, kalau perlu suruh siswa itu satu persatu kedepan untuk menuliskan apa saja jenis cita-cita yang mereka ketahui. setelah itu tulis juga oleh anda cita-cita yang belum mereka buat. setelah semua ada di papan tulis maka barulah anda bahas satu-persatu cita-cita tersebut di depan kelas. pembahasan cita-cita tersebut juga akan samapi nantinya kepada sekolah, perguruan tinggi dan jurusan yang nanti akan di tempati ketika memiliki cita-cita tersebut. setelah mereka mengetahui pengetahuan tersebut maka suruhlah mereka untuk membayangkan cita-citanya masing-masing. mau jadi apa saya nanti? itu adalah pertanyaan awalnya, dan dilanjutkan kalau saya ingin jadi "......." kemanakah saya akan melanjutkan sekolah????. setelah itu di lanjutkan dengan pertanyaan nantinya jurusan apa yang akan saya geluti nanti. setelah mereka sudah bisa menbayangkan cita-cita mereka nanti maka waktunya mereka menungkan cita-citanya ke dalam karton yang telah mereka bawa. dengan format seperti ini :
   - karton pertama berisi nama mereka
   - karton kedua berisi cita-cita
   -karton ketiga berisi sekolah lanjutan (perguruan tinggi)
   - karton ke empat jurusan yang akan digeluti nanti
  Setelah semua karton terisi tulisan maka,  sambungkan dengan tali. setelah selesai gantungkan kertas karton tersebut di jendela kelas. 
  Mungkin cara ini dapat membangkitkan semangat mereka untuk bermimpi/bercita-cita meraih impian mereka. ketika masuk kedalam kelas maka ia termotiavasi ketika melihat gantungan cita-cita mereka sendiri maka terbesitlah di hati mereka pokonya saya harus jadi "....." suatu saat nanti. selain itu kata-kata motivasi untuk merak perlu sering anda lontarkan kepada mereka agar semangat mereka semakin membara. selamat mencoba cara ini, semoga bisa bermanfaat....



1 komentar: